Jumat, 16 November 2012

Kota Paling Bewarna di Dunia

Ketika Anda mulai bertanya, kota apakah di dunia yang memiliki pemandangan kota paling berwarna? Jawabnya ada di artikel berikut. Berikut adalah beberapa kota, yang memiliki pemandangan kota paling berwarna, dimana arsitektur dan bangunannya, memiliki corak warna yang khas. Kota-kota ini sangat familiar bagi mereka para pelancong atau wisatawan.



1. Wrocław, Polandia


Wroclaw adalah ibukota Provinsi Dolnoslaskie. Wroclaw dibelah sungai Odra. Kota ini memiliki penduduk sekitar 638.000 jiwa. Kota Wroclaw merupakan industri utama pembuatan gerbong kereta dan elektronik. Setelah tahun 1989, Wrocław menjadi pusat keuangan yang signifikan dan rumah markas dari beberapa lembaga keuangan nasional seperti Bank Zachodni WBK, Lukas Bank, Getin Bank, dan Europejski Fundusz Leasingowy.


2. Lima, Peru


Lima adalah ibu kota dan kota terbesar di Peru. Terletak di lembah sungai Chillon, Rímac dan Lurin, di bagian tengah negara itu. Bersama dengan pelabuhan Callao, membentuk daerah perkotaan yang berdekatan dikenal sebagai Area Metropolitan Lima. Dengan populasi mendekati 9 juta, Lima adalah kota terbesar keempat di Amerika (seperti yang didefinisikan oleh “kota yang tepat”), belakang São Paulo, Mexico City, dan New York City. Lima adalah rumah bagi salah satu pusat keuangan terbesar di Amerika Latin. Ia telah ditetapkan sebagai kota dunia.


3. Utrecht, Belanda


Kota dan munisipalitas Utrecht adalah ibukota provinsi Utrecht di Belanda dan kota yang paling padat penduduknya di provinsi ini. Utrecht terletak di ujung timur Randstad dan merupakan kota terbesar keempat di Belanda. Pusat kota kuno Utrecht memiliki banyak bangunan dan struktur dari awal Abad Pertengahan. Karena posisi sentral di negeri, Utrecht adalah pusat transportasi penting (kereta api dan transportasi darat) di Belanda. Utrecht memiliki jumlah tertinggi kedua peristiwa budaya di Belanda, setelah Amsterdam.




4. Stockholm, Swedia 


Stockholm adalah ibu kota sekaligus merupakan kota terbesar di Swedia. Kota ini merupakan tempat pemerintahan nasional Swedia, Riksdag (parlemen), dan kediaman resmi raja Swedia, begitu pula perdana mentrinya. Pada tahun 2009, daerah metropolitan Stockholm dihuni sekitar 22% penduduk Swedia, serta berkontribusi sebanyak 28% dari keseluruhan produk domestik kotor (gross domestic product).Stockholm merupakan kota terpadat di Swedia. Stockholm berdiri sekitar tahun 1250, dan telah lama menjadi salah satu pusat budaya, media, politik, serta ekonomi Swedia. Letaknya yang strategis pada 14 buah pulau di bagian tengah ke selatan pesisir timur Swedia di mulut Danau Mälaren, telah menjadikannya sebagai daerah yang penting bagi kepulauan Stockholm dari sisi sejarah. Stockholm pernah dinominasikan sebagai kota global oleh GaWC, dengan ranking Alpha.




5. Jaipur dan Jodhpur, India


Jaipur dan Jodhpur adalah dua kota yang terletak di negara India. Jaipur adalah ibukota dan kota terbesar dari negara bagian India Rajasthan. Kota ini saat ini memiliki populasi 3,1 juta. terbesar kedua di negara bagian Rajasthan di India. Sedangkan Jodphur memiliki luas sebesar 75.50 km². Di kedua kota ini, bangunan-bangunannya memiliki arsitektur dan corak warna yang khas. Sehingga para wisatawan kerap menjuluki kota paling berwarna di India

0 komentar:

Posting Komentar